Membuat Address Bar Browser Android Berwarna Sesuai Warna pada Website

ads
Menambahkan meta theme color pada website  | Rumahteknisi.com
Halo sob, kali ini admin akan share bagaimana sih cara membuat header atau address bar pada browser di android menjadi berwarna dan mengikuti warna yang di gunakan pada website kita. Layaknya facebook dan lainya, ketika kita membuka website mereka, otomatis address bar akan berwarna menjadi biru ketika kita buka fb, dan juga statusbar pada android juga ikutan menjadi berwarna. Keren bukan??

Meta theme-color, adalah meta tag yang akan membuat address bar dan status bar menjadi berwarna pada mobile device. baik itu IOS Android dan lainya. Scriptnya juga gak panjang kok, namun fungsinya bisa menjadi website sobat menjadi elegan dan futuristik.

Seperti kita ketahui, Meta tag adalah tag yang berfungsi untuk menambahkan suatu identitas di website kita, seperti title, deskripsi, tag, dan lainya. Jadi intinya script ini bisa digunakan untuk segala macam website dan CMS seperti wordpress dan blogger, karena scriptnya hanya di letakkan pada header jadi script ini dapat digunakan secara universal.

Berikut Langkah-langkah untuk menambahkan meta theme-color :


  1. Pertama sobat harus tau apa theme color yang sobat gunakan pada web sobat. bisa di ambil dari warna header, dan warna nya juga harus format hex color ya gan. agan bisa copy dari web agan, bisa ambil dari photoshop ataupun hex color calculator di google.
  2. Contoh web rumahteknisi.com menggunakan warna #2c3e50
  3. Jika sudah dapat warnanya. silahkan copy code di bawah ini dan ganti warna sesuai warna yang sobat inginkan.
    <meta name="theme-color" content="#2c3e50" />
    <meta name="msapplication-navbutton-color" content="#2c3e50" />
    <meta name="apple-mobile-web-app-capable" content="yes" />
    <meta name="apple-mobile-web-app-status-bar-style" content="#2c3e50" />
  4. Kemudian letakkan di antara <head></head> pada website sobat.
  5. Lanjutkan dengan pengecekan pada mobile device. dan inilah hasilnya .
Sebelum dan sesudah pemasangan kode meta theme color
Itulah sob cara untuk membuat warna address bar dan statusbar pada android menjadi berwarna, mudah dan simpel kan. hehe yuk terus baca artikel menarik lainya di bawah ya. Terimakasih. Jangan lupa tinggal jejak jika suka dengan artikel ini. Terimakasih..

Tidak ada komentar:

ads
Diberdayakan oleh Blogger.